Di dalam dunia internet terdapat banyak sekali kelompok-kelompok
atau biasa yang disebut dengan komunitas (fanbase) dari kelompok musik,
kelompok jual beli barang, kelompok sosial, dsb. Ini sangat bermanfaat
bagi si pengguna karena mulai dari dunia maya kita dapat mengenal satu
sama lain orang-orang yang mempunyai hobi dan kebiasaan yang sama, orang-orang
yang tadinya tidak kita kenal tetapi dengan adanya kelompok unik ini
melalui internet kita dapat bersosialisasi dengan anggota-anggota lain.
Hobi yang sama, mempunyai barang yang hampir sama karena sama-sama memiliki
rasa kekaguman sehingga apapun barangnya, bagaimanapun bentuk dan cara
menggunakannya kalau sudah terlanjur suka dan kagum pasti akan terus-menerus
dicari, bahkan ada yang sampai mencari barang yang dia suka dia dengan
keberaniannya serta niat yang sangat tinggi sampai ke luar negeri. Ini
mungkin ada beberapa contoh analisa tentang kelompok-kelompok unik dalam
Internet.
Di atas kita sudah jelaskan apa saja kelompok-kelompok
yang ada di dalam internet. Mungkin sudah banyak orang yang mengenal
dengan kelompok musik dengan berbagai macam aliran, kalau sudah mendengar
kata tersebut maka anggota-anggota yang ikut bergabung dalam kelompok
itu akan sangat bangga dan senang karena di dalamnya terdapat berbagai
macam hal yang bisa mereka lakukan seperti membuat jadwal berkumpul
atau gathering guna saling mengenal, saling berbagi dalam bermusik,
dan saling memberi semangat agar kelompok tersebut dapat bertahan lama,
selalu kompak, dan akan selalu memberikan yang terbaik bagi kelompoknya
sendiri maupun masyarakat luas. Ada lagi tentang kelompok di dalam internet
yaitu jual beli barang, yaitu segala jenis barang yang bermerk atau
yang sudah grosir dapat dijual disitu tujuannya bagi si pengguna tentu
saja menambah penghasilan dan bagi konsumen adalah lebih praktis. Biasanya
para komsumen membeli barang di luar rumah seperti di Mall atau tempat-tempat
grosiran lainnya, kali ini sudah ada yang lebih praktis lagi tanpa harus
keluat rumah yaitu jual beli melalui via online. Barang yang kita inginkan
tinggal pesan lewat email atau sms dan siap diantar sampai tujuan. Di
Indonesia ini sudah beribu-ribu macam kelompok dan mereka bisa saling
berinteraksi satu dengan yang lain dengan sesama komunitas.
Kelompok Kerja Virtual
Kelompok kerja virtual adalah sebuah "ruang
kerja" yang berlokasi di dunia internet, di mana seorang individu
dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk melaksanakan bisnis
profesional atau pribadi tanpa memiliki "fisik" lokasi usaha.
Kelompok kerja virtual merupakan sebuah bentuk aplikasi layanan perkantoran
dalam format virtual yang bekerja secara online. Pengaturan operasional
dan fungsional suatu Kelompok kerja virtual memungkinkan pemilik bisnis
dan karyawan untuk bekerja dari lokasi di manapun dengan menggunakan
teknologi komputer seperti PC, laptop, ponsel dan akses internet.
Kelompok kerja virtual menggunakan teknologi komputer
guna menghubungkan orang-orang yang terpisah secara fisik guna mencapai
sasaran bersama.Teknik tersebut memungkinkan orang saling bekerjasama
lewat metode online, kendati mereka dipisahkan yuridiksi negara bahkan
benua.
Kelompok kerja virtual dapat melakukan lebih banyak
hal ketimbang kelompok kerja lainnya, terutama dalam hal berbagi informasi,
pembuatan keputusan, dan perampungan pekerjaan. Mereka terdiri atas
para anggota dari organisasi yang sama ataupun hubungan anggota organ
dengan para pekerja dari organisasi lain semisal supplier ataupun partner
perusahaan.
Tujuan
Kelompok kerja virtual timbul sebagai upaya untuk
mewujudkan efisiensi kerja yang berujung pada penekanan biaya (cost
reduction) yang salah satunya adalah pengurangan penggunaan lingkungan
kantor secara fisik. Sebuah kantor virtual dapat memberikan penghematan
yang signifikan dan fleksibilitas dibandingkan dengan menyewa ruang
kantor tradisional. Kelompok kerja virtual merupakan implementasi dari
upaya otomasi perkantoran (office automation) yang bertujuan membantu
pemilik atau karyawan perusahaan untuk meningkatkan produktifitas kerja.
Keberadaan kantor virtual seorang pemilik atau karyawan persahaan dapat
“datang” ke kantor secara cepatyang sebetulnya, kedatangan dan kepergian
tersebut berlangsung secara virtual yang tidak secara fisik datang dan
hadir di lingkungan kantor.
Infrastruktur
Mewujudkan suatu Kelompok kerja virtual berarti mempersiapkan
infrastruktur otomasi perkantoran, melakukan definisi ulang (redefine)
proses kerja kantor, serta mempersiapkan kondisi karyawan untuk bekerja
melalui konsep kantor virtual. Definisi ulang proses kerja dan persiapan
kondisi karyawan tentunya akan melibatkan proses manajemen yang cukup
kompleks, terlebih bagi perusahaan yang selama ini beroperasi dengan
cara tradisional. Sedangkan infrastruktur otomasi perkantoran, meskipun
tetap melibatkan proses manajemen, lebih sering dipandang dari segi
teknis integrasinya. Infrastruktur otomasi perkantoran dapat tersusun
atas tiga jenis aplikasi berikut ini:
- Aplikasi perkantoran, meliputi pengolah kata, pengolah tabel, pengolah slide presentasi.
- Aplikasi komunikasi, termasuk e-mail, messaging, voice-mail, telefon, fax, address book, dll.
- Aplikasi kolaborasi, yang berisi aplikasi manajemen proyek, kalender elektronik, forum diskusi, aplikasi konferensi dll.
Kini dengan semakin banyaknya perusahaan yang menyediakan
layanan kelompok kerja virtual, memudahkan individu untuk mengembangkan
usahanya tanpa harus memikirkan infratruktur otomasi perkantoran. Beberapa
perusahaan kantor virtual telah menyediakan layanan dan bantuan yang
terkait dengan kantor fisik, seperti alamat kantor yang bergengsi, layanan
menjawab telepon profesional dan menyewakan ruang kantor dan ruang pertemuan,
dan lain-lain.
Kelompok kerja virtual saat ini bukan hanya sebagai
pemanfaatan ”ruang kerja” di dunia maya, tetapi juga merupakan aplikasi
lengkap termasuk komunikasi profesional.
Layanan komunikasi kelompok kerja
virtual
- Resepsionis Jarak Jauh. Sebuah tim pekerja kantor virtual bekerja menggunakan teknologi Telepon Integrasi dengan perangkat lunak Komputer untuk menggantikan resepsionis tradisional.
- Asisten Virtual. Sebuah asisten virtual sering kali merupakan sekretaris bagi yang bekerja dari rumah, yang jarang bertemu atau bertatap muka dengan klien.
- Layanan Jawab / call center beroperasi dari lokasi terpusat untuk tujuan menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui telepon. Layanan telepon kantor virtual menjembatani kesenjangan antara Anda dan klien.
- Kotak suara adalah teknologi yang menyimpan pesan suara elektronik.
- Gedung Kantor Virtual - kantor virtual memberi Anda untuk memiliki kantor nyata di kota pilihan Anda, agar dapat digunakan untuk bertatap muka, rapat, pertemuan dengan karyawan lain atau relasi.
Layanan Ruang kelompok kerja virtual
- Alamat Profesional - Sebuah bangunan bergengsi untuk digunakan sebagai alamat bisnis.
- Alamat surat - Alamat profesional dapat digunakan untuk menerima, mengirim surat tanpa konotasi dari sebuah PO Box.
- Resepsionis – Tenaga Resepsionis sebagai ”wakil” untuk menerima dan menandatangani paket atau dokumen.
- Bisnis Meeting Space - Penggunaan ruang pertemuan sesuai dengan permintaan (per jam, harian atau mingguan) untuk melakukan pertemuan atau rapat.
- Sebuah kantor layanan lengkap virtual akan menyediakan internet broadband, fax, fotokopi, printer, fitur telepon tingkat lanjut, conference call, video conferencing, lobi / ruang tunggu dan dapur.
- Live Resepsionis Virtual - Sebuah layanan menjawab virtual adalah sebuah sistem otomatis dengan resepsionis virtual hidup. Ini jenis layanan dapat dinikmati tanpa membeli peralatan mahal.
Pengguna umum kelompok kerja virtual:
- Home Industri barang/jasa
- Akuntan
- Pengacara
- Hukum Perusahaan
- Toko online
- Dokter / Terapis
- Bisnis konsultan
- Mediator / resolusi konflik
- Kamar Dagang
- Senior manajemen
- Real estat
- Perusahaan hipotek
- Broker Saham / perencana keuangan
- Koleksi lembaga
- Jaringan kelompok
- Pelatih / instruktur
- Inkubator
Artikel diatas menjelaskan bahwa kelompok kerja virtual
sangatlah efisen jika dipakai dalam dunia bisnis atau pekerjaan sehari
dalam dunia industri maupun organiosasi.
Sumber;
No.
|
Nama
|
Npm
|
Peran
|
1
|
Bias Fitri
|
11513727
|
Mencari Kelompok Unik dalam Internet
|
2
|
Dini Lestari
|
12513578
|
Mencari Pengertian Kelompok Kerja Virtual
|
3
|
Gibran Alghifari
|
13513718
|
Mencari Tujuan dan Infrastruktur dalam Kelompok Kerja
Virtual
|
4
|
Mayora Kurnia Rahayu
|
15513378
|
Mencari Layanan Komunikasi Kelompok Kerja Virtual
|
5
|
Refandi Irfan
|
17513355
|
Membuat Layanan Ruang Kelompok Kerja Virtual
|
6
|
Tri Dewi Lestari
|
18513951
|
Mencari Pengguna Umum Kelompok Kerja Virtual
|